DIAF EDUKASI, blog yang didedikasikan untuk pengembangan diri, berbagi apa yang saya fikirkan, saya alami, dan saya rasakan. Blog yang saya peruntukkan bagi anda yang cinta belajar......Deni Kurnia, S.Pd.I ( Guru SMPN 1 Mande Cianjur)

5 Berhias yang dilarang


5 Berhias yang dilarang

Berdandan sudah menjadi ritual wajib perempuan pada umumnya. Kalau sekedar merapikan diri, tentu tak masalah. Saat ini, berkembang beraneka tips dandan yang mampu mencuatkan pesona kecantikan wanita hingga menarik perhatian khalayak.


Mengapa perempuan demikian heboh memperlihatkan kecantikannya, khususnya muslimah ?

Posting kali ini tentang 5 berhias yang dilarang syara. Bukan maksud menggurui, menasehati, atau memojokkan. Namun hal ini sebagai salah satu upaya saling mengingatkan sebagai sesama Umat Nabi Muhammad, terutama dalam hal berhias, jangan sampai tabaruj. Banyak hadits yang melarang perbuatan yang terkategori tabaruj, di antaranya sebagai berikut :

1.    Mengenakan pakaian tipis atau ketat
Wanitan yang mengenakan pakaian tipis, atau memakai busana ketat dan merangsang termasuk kategori tabaruj.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
“ Betapa banyak wanita-wanita telanjang, berpakaian tipis merangsang, dan berlenggak-lenggok. Mereka tidak akan masuk surga dan mencium baunya. “ ( HR Imam Bukhari ).

2.    Mengenakan wewangian di hadapan laki-laki asing
Nabi bersabda : “ Siapapun wanita yang memakai wewangian kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium baunya, berarti ia telah berzina.” ( HR Imam Nasaai )

Adapun sifat wewangian bagi wanita mukminat adalah tidak kentara baunya dan mencolok warnanya.
Nabi bersabda :
“ Ketauhilah, parfum pria adalah yang tercium baunya, dan tidak terlihat warnanya. Sedangkan parfum wanita adalah yang tampak warnanya dan tidak tercium baunya”. ( HR Imam Ahmad dan Abu Dawud )

3.    Berhias bagi laki-laki asing ( bukan mahram atau suaminya )
Nabi bersabda : “ Seorang wanita dilarang berhias untuk selain suaminya “ ( HR Imam Ahmad, Abu Dawud, dan Nasai )

4.    Berdanda berlebihan
5.    Membuka sebagian aurat
Wanita yang mengenakan topi kepala tanpa kerudung, mengenakan celana tanpa berjilbab, memakai kerudung tapi kalung dan anting-antingnya tampak, dsb, termasuk dalam tabaruj. Dalilnya dari sabda nabi :
Ada dua golongan manusia yang menjadi penghuni neraka, yang sebelumnya aku tidak pernah melihatnya, yakni : sekelompok orang yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia, dan wanita yang membuka auratnya dan berpakaian tipis merangsang berlenggak-lenggok dan berlagak, kepalanya digelung seperti punduk onta. Meraka tidak akan dapat masuk surga dan mencium baunya. Padahal, bau surga dapat tercium dari jarak sekian-sekian. “ ( HR Imam Muslim ).

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang termasuk tabaruj masih banyak, tida hanya yang disebutkan di atas. Semoga para muslimah dapat menghindarinya.

Akhwat kholda @ media umat
0 Komentar untuk "5 Berhias yang dilarang"
Back To Top