Mengekspresikan ide, pemikiran, dan visi kita dalam rangkaian kata-kata, lalu ditayangkan dalam sebuah blog, adalah aktivitas yang menyenangkan, dan banyak manfaatnya. Bagi sahabat yang memerlukan bimbingan pembuatan dan pengelolaan blog, insya Allah sampai bisa, silakan hubungi no 085759433921, atau ke fadlirobi@gmail.com

Metode Pembelajaran Al Qur’an : Metode LIBAT ( Lihat, Baca, Tulis )

 on December 11, 2012  


Metode Pembelajaran Al Qur’an : Metode LIBAT ( Lihat, Baca, Tulis )
Metode LIBAT ditemukan dan dikembangkan oleh Prof.Dr.Juhaya S.Praja, dosen IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ide metode ini diilhami oleh buku tuntunan yang ditulis gurunya di Pesantren Gontor Ponorogo Jawa Timur, yaitu KH. Imam Zarkasyi. Perumusan metode LIBAT dimulai sejak uji coba kepada sejumlah mahasiswa yang buta huruf Al Qur’an sekitar tahun 1976. Dalam waktu 10 jam, para mahasiswa sudah mampu membaca dan menulis Al Qur’an.


Proses pembelajaran  Metode LIBAT menggunakan pendekatan anatomi huruf, pendekatan budaya, disertai dukungan CBSA. Pendekatan anatomi huruf, artinya proses pembelajaran dengan memperlihatkan bentuk-bentuk huruf yang saling berkaitan. Kemampuan dan ketidakmampuan menulis huruf tertentu akan mengakibatkan kemampuan dan ketidakmampuan menuliskan huruf-huruf yang lainnya. Pendekatan budaya ualah mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan latar belakang budaya peserta.

Demikian posting sederhana mengenai Metode Pembelajaran Al Qur’an menggunakan Metode LIBAT. Semoga menjadi referensi dan bahan pengetahuan bagi bapak/ibu guru atau ustadz/ustadzah dalam mengembangkan baca tulis Al Qur’an.

Sumber : Ditjen PAIS Kemenag RI
Metode Pembelajaran Al Qur’an : Metode LIBAT ( Lihat, Baca, Tulis ) 4.5 5 Deni Kurnia December 11, 2012 metode pembelajaran al qur'an, metode baca al qur'an, al qur'an, blog cianjur Metode Pembelajaran Al Qur’an : Metode LIBAT ( Lihat, Baca, Tulis ) Metode LIBAT ditemukan dan dikembangkan oleh Prof.Dr.Juhaya S.Pr...


2 comments:

Obat Keputihan Herbal said...

Wahhh, uraian dalam artikelnya sangat bermanfaat Sob. Karena setelah membaca artikel ini akhirnya saya mendapatkan sebuah ilmu baru. Terimakasih, salam kenal, dan salam berbagi.

Deni Kurnia said...

Makasih juga atas kunjungan dan komentarnya. Semoga menjadi silaturahim....