Untuk silaturahim, silakan "like" fanspage FB kami, atau ikuti @denikurnia76, atau Silakan kirim artikel anda ke fadlirobi@gmail.com

www.diaf.web.id

Belajar Mengatasi Marah

Diterbitkan Oleh Diaf Edukasi


  Marah adalah reaksi wajar yang muncul ketika kita merasa terganggu atau kesal, terutama ketika kita dalam kondisi letih atau badan kurang fit. Tidak mungkin kita dapat menghilangkan rasa marah begitu saja. Namun mungkin cara-cara berikut ini bisa anda coba untuk mengelola rasa marah menjadi energi yang positif.

1.       Tidak terlalu menghiraukan hal-hal yang dapat menjadi sumber kemarahan, dalam hal ini peserta didik kita.
Upayakan agar tidak terlalu sering menggunakan kata-kata peringatan, seperti “ jangan berisik !” atau “ perhatikan !”, karena hal ini bisa menghabiskan energi anda.

2.       Dekati siswa yang membuat ribut, sambil terus menyampaikan materi, atau bagi siswa yang ngantuk, dekati dan minta supaya ia berwudhu.

3.       Bila suasana kelas sudah sangat ramai, coba teknik “ diam”. Berdiri di depan kelas, pandangi siswa-siswi yang membuat ribut, berhenti menjelaskan. Jangan mengeluarkan sepatah katapun. Hal ini akan membuat siswa-siswi penasaran dengan “ diam”nya anda, dan mereka pun mulai memperhatikan kembali.
Tentunya masih banyak cara mengelola marah dengan baik. Eksplorasi saja !
Jadi, marah ?.......cape deh !

Artikel yang berhubungan :